Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

UMK – Pemkab Jepara Dukung Pengembangan Wisata Plajan

Jepara-kopertis6.or.id – Universitas Muria Kudus (UMK) melalui mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Posdaya, mendukung penuh upaya pengebangan pariwisata di Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji, Jepara.

Dukungan itu diwujudkan dengan kerjasama antara tim KKN Posdaya dengan pemerintah desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menggelar kegiatan Visit Plajan 2015 di lapangan desa setempat.

Berlangsung selama lima hari, Minggu – Rabu (8-12/2/2015), Visit Plajan yang baru pertama kali digelar ini pun menarik perhatian masyarakat. Tak hanya itu, Bupati Jepara KH. Ahmad Marzuqi SE., pun hadir di tengah-tengah kegiatan dan menyanangkan Desa Plajan sebagai desa wisata.

‘’Saya canangkan Desa Plajan ini sebagai Desa Wisata. SK (Surat Keputusan-Red) menyusul,’’ tegas Marzuqi dalam sambutannya di depan ribuan pasang mata yang hadir dalam kesempatan itu.

Dia mengutarakan, Desa Plajan merupakan salah satu desa di Jepara yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) luar biasa dan dikenal luas karena prestasi-prestasinya. ‘’Selain itu, Desa Plajan memiliki tempat wisata yang sangat beragam. Antara lain Gong Perdamaian, Gua Sakti, dan Akar Seribu,’’ katanya.

Orang nomor satu di Bumi Kartini ini pun berpesan kepada masyarakat agar potensi wisata yang dimiliki Desa Plajan, dijaga dengan baik. ‘’Promosi juga harus digencarkan, agar wisata Desa Plajan bisa seperti Bali. Perlu diketahui, Bali mempromosikan potensi wisata sejak lama, bahkan sebelum Indonesia merdeka, yakni pada 1930-an,’’ ungkapnya.

Rektor UMK Dr. Suparnyo SH. MS. yang hadir bersama para Wakil Rektor dan jajaran Dosen Pendamping Lapangan (DPL) mengemukakan, pihak UMK memiliki tanggung jawab moral untuk ikut mempromosikan sektor wisata Desa Plajan.

‘’UMK berkomitmen akan membantu mempromosikan potensi wisata Desa Plajan, baik melalui media institusional yang dimiliki maupun media-media lain. Apalagi, UMK dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara telah memiliki ikatan erat melalui kerjasama yang telah terjalin,’’ paparnya.

Suparnyo menambahkan, promosi terhadap berbagai potensi wisata yang dimiliki Desa Plajan dinilai penting, untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. ‘’Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, tentu akan meningkatkan perekonomian warga dan juga akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD),’’ paparnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan