Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Optimis Modal Utama Lulusan PT Berkompetisi

Solo-kopertis6.or.id – Bertempat di kampus setempat, baru-baru ini Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menyelenggarakan wisuda yang diikuti 264 orang, terdiri dari 34 wisudawan program Pascasarjana dan 230 wisudawan program Sarjana.

Pada kesempatan tersebut rektor Unisri, Prof. Kapti Rahayu Kusworo menyampaikan, perguruan tinggi  (PT) Indonesia harus mengikuti pola Tiga Pilar Pembangunan Pendidikan.

“Tiga pilar meliputi pemerataan dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi, daya saing keluaran pendidikan dan peningkatan tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik pengelolaan pendidikan” kata rektor.

Menurut Prof. Kapti, masa depan bangsa Indonesia tidak sekedar membutuhkan individu yang genius, melainkan para cendekiawan dalam kontruksi kolektivitas kebangsaan sebagai bentuk dari nasional pendidikan.

Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP. Sugiharto mengingatkan kepada wisudawan, ketika nanti  menuju dikehidupan bermasyarakat,  dinamika spectrum kompetisi lebih luas.

“Kompetisi tentu tidak hanya diwilayah Surakarta, Jateng dan Indonesia, akan tetapi dengan 10 negara kawasan Asean yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Asean, pada tahun depan.” ucap Prof. DYP.

Guru Besar Universitas Negeri Semarang tersebut menandaskan, bahwasannya lulusan PT  harus memiliki legalitas, kompetensi dan kemampuan berkompetisi.

“Saya minta wisudawan Unisri yang telah memiliki hardskill melengkapinya dengan softskill, karena ijazah dan IPK tinggi tanpa softskill tidak akan diterima di dunia kerja. Kemampuan ketrampilan berkomunikasi merupakan salah satu aspek soft skill yang paling dibutuhkan” pesannya.

Selain itu, lanjut Koordinator, dibutuhkan kerjasama, adaptasi, integritas, kejujuran, komitmen dan tanggungjawab. Yang tidak boleh dilupakan, modal utama berkompetisi adalah optimis yang disertai doa orang tua.

COMMUNITY

Materi Pelatihan