Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Kuliah Pakar Internasional di Stikes PKU

Solo-kopertis6.or.id – Progdi DIII Keperawatan Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan kuliah pakar dengan menghadirkan pakar keperawatan anak dari Faculty of Nursing Khon Koen University of Thailand, Dr. Supattana Sakdisthanont sebagai narasumber, bertemakan “Pain Management for Children”, pada 27 Mei 2015, di kampus setempat.

Dalam paparannya Supattana menjelaskan, pemahaman perawat tentang nyeri pada anak sangatlah penting, mengingat anak berbeda dengan orang dewasa yang dapat mengusahakan penurunan nyeri secara mandiri. “Seorang anak sangat membutuhkan pengertian dari orang dewasa yang ada disekililingnya termasuk juga perawat yang dapat mengenali nyeri yang sedang dirasakan.” katanya.

Ketua progdi DIII Keperawatan, Chemi Nur Fitriya, M.Kep menyampaikan, kegiatan kuiah pakar ini merupakan kuliah pakar internasional kedua, setelah tahun lalu mengundang pakar dari Centro Escolor University of Philipine. “ Kegiatan ini sebagai bentuk implementasi MoU yang telah disepakati antara Stikes PKU  dengan perguruan tinggi di luar negeri,” jelasnya.

Aris Munandar salah satu mahasiswa Stikes PKU Muhammadiyah mengatakan, kegiatan ini sangat-sangat bermanfaat, sehingga mahasiswa semakin paham tentang perawatan nyeri yang diderita seorang anak. “ Yang pasti kegiatan ini telah menambah wawasan  khususnya terkait dengan sistem perawatan di dunia internasional.” menurutnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan