Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

STIKES PKU PERKUAT SINERGI DENGAN JARINGAN RS MUHAMMADIYAH SE SOLO RAYA


Surakarta-kopertis6.or.id - Awal  Maret 2016 selesai dilaksanakan penandatanganan MoU antar STIKES PKU dengan 8 rumah sakit PKU Muhammadiyah se Solo Raya. Selama ini MoU yang terjalin masih sebatas hanya dalam pelaksanaan praktik klinik mahasiswa, dan pada pembaruan MoU. Namun, kali ini sudah dimasukkan point-point kesepakatan yang lebih luas, seperti kesepakatan saling memanfaatkan fasilitas sarana-prasarana dan tenaga ahli yang dimiliki kedua belah pihak, saling mendukung kegiatan promosi pada kedua belah pihak,  termasuk juga kesepakatan meningkatkan keterserapan lulusan STIKES PKU Muhammadiyah untuk diterima bekerja di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah se Solo Raya.

Dalam kesempatan tersebut, penandatangan MoU dilakukan  Ketua STIKES PKU Muhammadiyah, Weni Hastuti, S.Kep.,M.Kes dengan Direktur Rumah Sakit Muhammadiyah Se Solo Raya, dr. Mardiyatmo, Sp.Rad (RS PKU Muh. Surakarta), RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, RS PKU Muhammadiyah Sragen, RS PKU Muhammadiyah Sukoharjo, RS Muhammadiyah Selogiri, RS PKU Muhammadiyah Kartasura, RS PKU Muhammadiyah Delanggu, dan RS PKU Aisyiyah Boyolali.

Weni menjelaskan, penandatanganan MoU ini merupakan bagian dari rasa tanggung jawab STIKES PKU Muhammadiyah dan Rumah Sakit  untuk ikut membesarkan Amal Usaha Muhammadiyah agar maju bersama.

Sedangkan Kepala Lembaga Pengembangan Institusi, Anis Prabowo mengatakan, Ke depan, STIKES PKU Muhammadiyah akan menjadikan rumah sakit PKU Muhammadiyah sebagai wahana praktik utama bagi seluruh mahasiswa, karena mahasiswa STIKES PKU Muhammadiyah harus dibentuk di Rumah Sakit Muhammadiyah.

“Diharapkan lulusan STIKES PKU tidak hanya memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang bagus, akan tetapi juga  memiliki karakter Islami dan Kemuhammadiyahan yang kuat.” katanya

Anis menambahkan, di masa yang akan datang, idealnya Rumah Sakit Muhammadiyah yang tersebar di banyak tempat, keberadaannya akan memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan cukup dari lulusan institusi pendidikan kesehatan milik persyarikatan Muhammadiyah.

Sebagai sebuah institusi pendidikan kesehatan di bawah persyarikatan Muhammadiyah, STIKES PKU Muhammadiyah cukup diuntungkan mengingat Muhammadiyah memiliki jaringan rumah sakit PKU Muhammadiyah yang hampir ada di setiap wilayah kota atau kabupaten. Peluang inilah yang ditangkap oleh STIKES PKU Muhammadiyah untuk semakin meningkatkan kualitas dan daya saing bagi lulusannya, dalam menghadapi era persaingan global saat ini.

COMMUNITY

Materi Pelatihan