Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Shafira Erviana, Mahasiswa UMK Juara Favorit Putri Dirgantara Indonesia 2016



Kudus-kopertis6.or.id - Grand final pemilihan Putra-Putri Dirgantara 2016 yang berlangsung pada 15 April 2016 di Lapangan Terbang Haji Halim Perdana Kusuma, Jakarta, menghantarkan  Shafira Erviana,  mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (UMK), meraih juara favorit dalam ajang bergengsi tersebut.

Menurut Shafira pendaftar dari berbagai kota di Indonesia dan jumlahnya cukup banyak. ‘’Pendaftar awal mencapai 102 peserta, yang datang 57 peserta dan dipilih 30 peserta untuk dikarantina,’’ ujarnya.

Proses seleksi dipemilihan ini, menurutnya tidak begitu sulit, hanya saja pesaingnya sangat banyak, dan beberapa peserta sudah ada yang menyandang gelar putri dirgantara dari daerah masing-masing, seperti dari Natuna, Palembang, dan Riau.

Meski begitu, anak ketiga dari pasangan Edi Sahlan dan Lies Pusporini yang berasal dari Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog, Kudus ini tetap memantapkan tekad agar bisa meraih salah satu penghargaan dalam pemilihan Putra-Putri Dirgantara 2016 tersebut.

‘’Alhamdulillah, saya bisa mengikuti rentetan proses seleksi dengan baik dan tanpa beban. Soal menang atau tidak itu persoalan lain, yang penting sudah berusaha secara optimal,’’ ungkapnya.

Lebih lanjut Dia menjelaskan, untuk materi tes meliputi banyak hal. ‘’Tes seleksi sebelum karantina dalam ajang ini cukup banyak, mulai dari tes tertulis, tes pengembangan diri, tes psikologi, bahasa asing, kepariwisataan, serta wawasan nusantara dan kedirgantaraan,’’ kata Shafira.

Shafira mengemukakan, prestasinya tersebut dipersembahkan untuk orang tua yang telah merawatnya sejak kecil dan untuk almamaternya, UMK. ‘’Terima kasih saya sampaikan kepada semua yang telah mendukung saya, khususnya kakak saya Sary Riza Lestari yang telah memberikan informasi awal mengenai ajang ini,’’ ujarnya.

Rektor UMK Dr. Suparnyo SH. MS., mengapresiasi atas prestasi salah satu mahasiswanya itu, dan berpesan agar tetap santun dan rendah hati ketika sudah meraih sukses nanti. ‘’Bawa dan sebarkanlah hal baik dari sini. Semoga prestasi yang didapat ini men-support untuk mendapatkan prestasi lain yang lebih baik,’’ tuturnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan