Friday, April 19, 2024
   
TEXT_SIZE

MAHASISWA UDINUS JUARA PIDATO DI JEPANG

Semarang-kopertis6.or.id- Robby Adhi Rahardjo, mahasiswa Sastra Jepang Fakultas Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantara (Udinus) angkatan 2014, mencatat prestasi internasional  lomba pidato (speech contest) bahasa Jepang.

Lomba yang berlangsung belum lama ini tersebut diselenggarakan oleh Osaka International University, dengan peruntukan bagi orang di luar Jepang dalam  upaya melestarikan budaya bahasa Jepang

Dinobatkan dirinya sebagai juara I, menurut Robby di luar perkiraannya. “Awalnya saya merasa kurang percaya diri. Saya sempat kaget sekaligus bangga dapat mencapai prestasi  bergengsi ini. Tentu Ini  berkat doa dan kerja keras yang saya bangun selama ini, sehingga bisa meraih apa yang saya harapkan,”

Roby menjelaskan, peserta datang dari banyak negara, seperti China, Thailand,  Vietnam, Indoa, Grigistan dan negara tetangga Malaysia, semakin menguatkan dirinya untuk meraih yang terbaik.

Dalam pidatonya Roby menyampaikan materi mengenai bangun pagi. “bagi saya tema ini menjadi menarik, karena sudah dia lakukan setiap hari.” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, manfaat bangun pagi bagi mahasiswa kan banyak. Selain segar bugar, juga sebagai upaya mempersiapkan diri ketika kelak dirinya bekerja “ini sangat relevan dengan tingkat kedisiplinan masyarakat   Jepang yang tinggi.”tandasnya

Menurut releas dari Humas  Udinus, Agus Triyono, Robby merupakan salah satu mahasiswa yang mengikuti program Student Mobility ke Osaka International University (OIU) selama 6 bulan. Berada di negeri Sakura  sejak tanggal 13 November 2016.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan