Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Narasumber Apresiasi Peserta Dalam Pembuatan Blog di Webside

Salatiga-kopertis6.or.id- Antusias peserta bimbingan teknis (Bintek) Kehumasan yang diselenggarakan Kopertis VI di Hotel Le Beringin Salatiga dengan peserta dari lima puluh PTS di Jateng cukup luar biasa, mengingat waktu penyelenggaraan yang teramat singkat, yakni selama tiga hari, 8-10 Maret 2017, mampu memenuhi keinginan narasumber dalam melaksanakan praktik pembuatan blog mengenai pemberitaan online di Webside.

“Ini luar biasa, dan ini perlu kita apresiasi. Peserta yang terbagi dalam sepuluh kelompok ini, rata-rata mampu  mempresentasikan hasil karyanya dengan baik, meskipun kita bimbing dalam waktu singkat. Sedikit kekurangan adalah sesuatu yang wajar, ke depan  ini  dapat dibenahi selama berproses.”

Pernyataan ini disampaikan Sri Mulyadi, MM mantan Redaksi senior Suara Merdeka yang kini aktif di PWI Jateng, saat berinteraksi dengan peserta pada sesi praktik kelompok.

Kepada peserta Ia mengingatkan, dalam menulis atau membuat berita, kontennya harus sesuai judul pemberitaan, dan menggunakan istilah bahasa yang mudah dipahami, serta pemilihan judul juga tidak asal-asalan. “Judul berita dapat diistilahkan dengan pengiklanan tulisan. Dengan pengambilan judul yang menarik, akan membawa pengaruh bagi seseorang untuk membacanya.” ungkap mbah Mul, demikian dirinya biasa disebut

Nara sumber lain, Prof. Ali Imron menambahkan, dalam menulis mengenai tanda baca sangat penting, sehingga diupayakan tidak terjadi kesalahan. Begitu juga untuk penggunaan huruf besar dan kecil, serta pemakaian gaya bahasa. Sementara, Gunawan Witjaksono, M.Si yang juga selaku narasumber mewanti-wanti agar tampilan dalam blog tidak terlalu menggunakan banyak pewarnaan, karena hanya akan menggangu kejelasan terhadap tulisan atau aksara yang ditampilkan dalam blog.  

Ka Bag. Umum Hendradi Sulistyawan, SH saat menutup acara bintek Kehumasan menyampaikan pesan kepada peserta, agar apa yang sudah diperoleh selama mengikuti acara ini dapat diaplikasikan di kampus masing-masing.

“Semoga peserta yang mengikuti bimbingan teknis ini tidak hanya berhenti di sini, lanjutkan dengan membentuk semacam paguyuban anggota kehumasan PTS di Jateng, seperti yang sudah ada saat ini, yakni paguyuban PR.I dan PR.III.” harapnya

Tampak gambar :  Ka Bagian Umum, Hendradi Sulistiawan, SH bersama narasumber dan peserta bintek Kehumasan 2017. 

COMMUNITY

Materi Pelatihan