Friday, April 19, 2024
   
TEXT_SIZE

D’ANIMATIC LAHIRKAN ANIMATOR MUDA

Semarang-kopertis6.or.id - Program Studi (prodi) S1 Terapan Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menyelenggarakan Lomba Animasi tingkat nasional bertajuk “D’Animatic”, digelar sejak November 2016 dengan batas akhir penyerahan karya adalah 20 Mei 2017, tinkat pelajar SMP-SMA/SMK se Indonesia.

Pada penganugerahan D’Animatic yang dilaksanakan pada Selasa (30/5) di Atrium Citraland Mall, Selasa (30.5)  ini, telah diberikan penghargaan kepada pemenang di beberapa nominasi. 

 “Lomba ini untuk memberikan wadah kreasi, sekaligus ruang apresiasi bagi lahirnya karya-karya animasi anak bangsa yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing,” papar Deddy Award, S.Sn, M.Pd selaku Ketua Pelaksana.

Menjaring sekitar 29 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya dari kota Kudus, Malang, Tulungagung, hingga Bogor. Pada ivent  ini panitia  meloloskan 20 karya anismasi yang akan dinobatkan sebagai pemenang.

Lomba D’Animatic ini dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori Animasi Empat Sekawan dan Animasi dengan Tema Bebas. Karakter Empat Sekawan ini merupakan maskot Udinus, yaitu Udin, Dian, Nunus, dan Toro.

Peserta diharuskan membuat film animasi dalam bentuk visualisasi 2D maupun 3D, dengan tema petualangan dan persahabatan. Karya peserta telah dinilai dewan juri Sugiyanto Kaprogdi S1 Terapan Animasi Udinus, pelaku sektor Animasi dari Dreamlight divisi Dreamtoon, serta praktisi film dari Jogjakarta, pada 21-27 Mei lalu. Adapun poin penilaian adalah kesesuaian tema dengan konsep cerita yang diusung, teknik pembuatan karya animasi, sinematografi, nilai artistic, dan nilai etika.

COMMUNITY

Materi Pelatihan