Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Mutu Perguruan Tinggi Ditentukan Peringkat Akreditasi

Semarang-kopertis6.or.id – Saat ini tidak ada dikotomi lulusan PTN dan PTS. Mutu Perguruan Tinggi, Program Studi dan lulusan tidak ditentukan oleh status PTS atau PTS, tetapi lebih ditentukan oleh peringkat akreditasi.

“Sebagai lulusan PTS, para wisudawan tidak boleh rendah diri dan merasa kelas dua. Kompetisi dunia kerja tidak memberi ruang kepada orang-orang yang rendah diri, pesimis dan penakut. Begitu pula dunia kerja tidak menanyakan dan menguji saudara dari status perguruan tingginya, tetapi dari peringkat akreditasi sebagai ukuran mutu lembaga, dan dari kompetisi personal saudara sebagai ukuran mutu lulusannya.”

Ungkapan tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto pada saat menghadiri Wisuda di STIE Totalwin yang berlangsung di Hotel Horison, Sabtu, 23 Juli 2018.

Menurutnya, sudah banyak terbukti dan teruji, Institusi dan Program Studi di PTS lebih tinggi peringkat akreditasinya dibanding PTN, serta sudah teruji dan terbukti pula lulusan PTS lebih hebat kompetensinya dibandingkan lulusan PTN.

Kepada wisudawan Koordinator mengingatkan jika saat ini berada di era perubahan radikal yang dikenal dengan sebutan disrupsi inovasi dan revolusi industri 4.0. “Fenomena yang mengemuka di era ini adalah perubahan yang sangat cepat, sulit diprediksi, semakin rumit, dan multitafsir.” tegas Prof. DYP Sugiharto.

Untuk memenangkan kompetisi dunia kerja, lengkapi gelar, ijazah dan IPK yang diperoleh dengan penguatan daya juang, kreativitas dan kolaboratif membangun jejaring kerja. “Untuk penguatan daya juang, jadilah generasi tahan banting dan tahan uji.” sarannya kepada wisudawan.

Sementara itu, Ketua STIE TOTALWIN Semarang, Dra. Sugiharti, SE, MM dalam sambutannya mengatakan, bahwa institusi telah berupaya mengambil peran dalam penyiapan sumber daya manusia yang siap berkompetisi untuk menang. “Bekal ilmu yang kami berikan belum tentu cukup memadai, sehingga para lulusan kami perlu berupaya mengembangkan diri.” pintanya

Wisuda ke-14 STIE TOTALWIN kali ini diikuti sebanyak 236 wisudawan, terdiri dari 106 orang lulusan Progdi Akuntansi (S1), 129 orang lulusan Progdi Manajemen (S1), dan 1 orang lulusan Progdi Manajemen Perusahaan (D3).

Tampak gambar : Prosesi wisuda oleh Ketua dan Anggota Senat. 

COMMUNITY

Materi Pelatihan